4 Jenis Pasar yang Bisa Anda Bidik Untuk Usaha Anda

Bookmark and Share

Kita rehat sejenak ya, supaya tidak terlalu pusing untuk membahas hal-hal yang berbau teknis bisnis seperti segmentasi pasar, cross sell dan up sell, diferensiasi produk dan sebagainya.

Kali ini saya akan bahas yang ringan-ringan saja, yaitu macam-macam pasar. Pada intinya pasar dapat dikelompokan ke dalam 4 golongan.

Anda bisa memasuki satu atau lebih dari 4 golongan atau macam pasar tersebut, disesuaikan dengan jenis dan tujuan usaha anda. Bagaimana, sudah siap? Let’s get it down, selamat membaca, monggo dinikmati artikel ringan yang satu ini…

  1. Pasar Konsumen
    Pasar konsumen ini adalah pembeli yang membeli barang buat dikonsumsi sendiri. Bukan untuk dijual lagi, bukan juga untuk diproses lebih lanjut. Termasuk kategori pasar konsumen adalah pembeli individu dan pembeli rumah tangga non-bisnis. Barang yang dibeli adalah barang konsumsi. Anda pasti tidak asing dengan jenis pasar model seperti ini. Pasar konsumen ini lebih mudah dimasuki daripada jenis pasar yang lain, apalagi jika anda menerapkan taktik pemasaran yang tepat.
  2. Pasar Industri
    Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri. Contohnya sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor atau gula, buah-buahan dan es batu untuk usaha juice. Kalau anda punya barang-barang yang seperti ini, selain anda bisa jual untuk pasar konsumen, anda juga bisa jual untuk pasar industri.
  3. Pasar Penjual
    Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba. Contohnya anda buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Atau seperti yang saya lakukan. Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan, kemudian saya jual ke eksportir.
  4. Pasar Pemerintah
    Kalau yang satu ini, anda pasti sudah sering dengar juga. Kalau belum, saya terangkan. Pasar pemerintah ini adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah seperti departemen-departemen, direktorat, kantor-kantor dinas dan instansi lain. Contoh model bisnisnya adalah pengadaan barang. Anda bisa memasuki pasar pemerintah ini melalui tender atau lelang proyek dari pemerintah. Entah pengadaan peralatan kantor, pembangunan jalan, pengadaan seragam pegawai negeri dan sebagainya.

Sekarang dari jenis-jenis pasar diatas, mana yang akan anda bidik yang sesuai dengan tipe bisnis anda?

Anda sedang membaca artikel tentang 4 Jenis Pasar yang Bisa Anda Bidik Untuk Usaha Anda dan anda bisa menemukan artikel 4 Jenis Pasar yang Bisa Anda Bidik Untuk Usaha Anda ini dengan url http://4loveandlife.blogspot.com/2011/06/4-jenis-pasar-yang-bisa-anda-bidik.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 4 Jenis Pasar yang Bisa Anda Bidik Untuk Usaha Anda ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link 4 Jenis Pasar yang Bisa Anda Bidik Untuk Usaha Anda sumbernya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...