Memanfaatkan waktu luang

Bookmark and Share

Apakah Anda termasuk orang yang sangat sulit untuk mendapatkan waktu luang. Setiap hari dari pagi sampai malam Anda bekerja dan bekerja. Untuk karir bagi Anda di atas segalanya, sehingga tiada waktu yang disia-siakan. Namun ada saatnya juga Anda harus mengalihkan waktu dan tenaga dari rutinitas seperti itu, jika Anda

tidak ingin stress atau depresi yang selanjutnya akan membahayakan kesehatan baik fisik maupun psikis Anda. Di bawah ini ada beberapa kegiatan yang sangat sehat dan bermanfaat untuk dilakukan di saat waktu senggang Anda:

Olahraga dan rekreasi

Mungkin selama ini Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau juga bagi Anda seorang mahasiswa yang sibuk dengan tugas-tugasnya dari pagi sampai malam dan nyaris tidak ada waktu luang untuk urusan lain di luar itu. Ketika ada kesempatan senggang seperti libur week end atau libur semester, pakailah untuk olahraga dan rekreasi, karena akan menyegarkan dan memberi energi baru pada Anda.

Hiburan

Lupakan sejenak semua kepentan dan kerumitan pekerjaan maupun tugas-tugas Anda. Carilah hiburan seperti piknik ke pegunungan, pantai atau yang dapat menghibur diri Anda. Asalkan semua itu tidak mengarah ke hal-hal yang berbau maksiat.

Perjalanan

Waktu luang juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan jauh, seperti ke tempat wisata atau kedaerah-daerah pedalaman. Di sana tentunya banyak pengalaman baru yang bisa mengalihkan Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Salurkan bakat

Jika Anda merasa memiliki bakat kenapa tidak Anda salurkan bakat tersebut, dengan menyalurkan bakat yang Anda miliki percayalah Anda akan mendapatkan kesegaran dan semangat yang baru.

Sosialisasi

Perbanyaklah bergaul dengan lingkungan sekitar Anda tinggal, kumpul-kumpul dengan sesama warga se-RT. Pergunakan waktu luang Anda dengan menjalin komunikasi dengan tentangga, melalui sarana olahraga, arisan atau kerja bakti.

Kumpul keluarga

Ciptakan kemesraan dengan keluarga, saat yang tepat untuk mengenal lebih dekat karakter anggota-anggota keluarga sendiri, keluarga jauh dan sanak famili adalah dengan berkumpul-kumpul. Paling tidak waktu yang selama ini tersita untuk urusan karir bisa terbayarkan. Meskipun tidak seberapa. Dengan demikian, Anda tidak menjadi orang asing di antara anggota keluara sendiri.

Merapikan tempat tinggal

mengecat dinding rumah atau kamar, membersihkan tempat kos, membersihkan halaman dan sebagainya bisa menciptakan kenyaman dalam kehidupan Anda.

Membenahi kehidupan religius

Jika sebagian besar waktu Anda digunakan untuk urusan duniawi, waktu luang sebaiknya digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena ini merupakan tujuan kita diciptakan. Banyak sekali cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya, seperti menunaikan amalan sunnah sehari semalam, membaca Al-Qur’an, berziarah ke kuburan, dan yang lainnya, asalkan semua ibadah tersebut ada contohnya dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi yang shohih. Ketenangan jiwa akan Anda dapatkan dan ini merupakan kekuatan yang tiada tandingannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan hidup.

Akhirnya semua saya kembalikan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena hanya atas izin-Nya dan kesungguhan kita semua, sehingga kita bisa memanfaatkan waktu luang yang ada dengan baik.

***

Referensi: Majalah genie

Anda sedang membaca artikel tentang Memanfaatkan waktu luang dan anda bisa menemukan artikel Memanfaatkan waktu luang ini dengan url http://4loveandlife.blogspot.com/2011/06/memanfaatkan-waktu-luang.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memanfaatkan waktu luang ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Memanfaatkan waktu luang sumbernya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...