Makanan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga

Bookmark and Share
Dalam berolahraga, makanan dapat menjadi sumber energi kita. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau memakan makanan yang salah sebelum dan sesudah berolahraga dapat menyebabkan mual, masalah pencernaan, bahkan muntah. Terlalu sedikit mengkonsumsi makanan juga dapat berakibat lemahnya dan tidak termotivasinya tubuh kita saat berolahraga. 
Loading image... 

Kunci pada makanan yang efektif sebelum olahraga adalah konsumsi makanan bernutrisi namun pada saat berolahraga, isi perut kita yang terpenuhi telah kosong. Karbohidrat merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh, dan tersimpan dalam otot-otot tubuh sebagai glikogen. Sehingga setelah terserap oleh tubuh, perut kita menjadi kosong karena karbohidrat telah menjadi energi dalam otot-otot kita. Konsumsi karbohidrat sebelum berolahraga sebaiknya diberi jarak 1-4 jam untuk memberi waktu agar karbohidrat dapat diubah menjadi glikogen. Namun jika anda telat bangun pada olahraga pagi, makanlah makanan yang lebih cepat dicerna setengah jam sebelum berolahraga dan tidak berlebihan mengkonsumsinya. Yang perlu diingat "Semakin dekat dengan waktu pertandingan / olahraga, sebaiknya lebih sedikit makan

Karbohidrat yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga adalah seperti pasta, buah, roti, dan minuman isotonik atau minuman sport. Berikut beberapa contoh pilihan planning menu sebelum berolahraga:

0-1 jam sebelum pertandingan atau olahraga:
- Buah segar seperti apel, semangka, buah persik, anggur, jeruk
- 1 1/2 gelas minuman sport

2-3 jam sebelum pertandingan atau olahraga:
- Buah segar
- Roti, pasta
- Yoghurt

3-4 jam sebelum pertandingan atau olahraga:
- Buah segar
- Roti
- Pasta dengan saus tomat
- Kentang rebus
- Sereal dengan susu
- Yoghurt
- Roti Panggang dengan sedikit selai kacang, daging tipis atau keju

Jika akan berolahraga sangat berat, anda dapat mengkonsumsi gula 30-40 menit sebelum berolahraga untuk energi cadangan. Namun hal ini hanya sebagai tambahan karena beberapa orang tidak dapat mengkonsumsi terlalu banyak gula.

Makanan yang perlu dihindari sebelum berolahraga:
Daging, donat, gorengan, keripik kentang, dan candy bars.

Beberapa hal di atas mengandung lemak yang tidak mudah diserap sehingga dapat menyebabkan kramnya beberapa bagian tubuh saat berolahraga.

Setelah selesai berolahraga, tubuh membutuhkan karbohidrat dan cairan untuk menggantikan glikogen dalam tubuh. Jus merupakan makanan terbaik setelah berolahraga karena kandungan karbohidrat dan cairannya. Kemudian dapat dilanjutkan dengan makanan padat seperti protein 2 jam setelah berolahraga.



Sumber
Anda sedang membaca artikel tentang Makanan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga dan anda bisa menemukan artikel Makanan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga ini dengan url http://4loveandlife.blogspot.com/2012/06/makanan-sebelum-dan-sesudah-berolahraga.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Makanan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Makanan Sebelum Dan Sesudah Berolahraga sumbernya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...