Wisata Pulau Sawi di Kalimantan Barat

Bookmark and Share
Pulau Sawi ini terletak di kalimantan barat tepatnya di kecamatan kendawang, kabupaten ketapang. Pulau sawi ini merupakan objek wisata andalan dari kalimantan barat, karena pulau sawi ini memiliki biota laut yang berlimpah selain itu pulau sawi ini juga memiliki pemandangan yang indah.




Kabupaten Ketapang memiliki banyak pulau pulau kecil ada sekitar 34 pulau kecil di daerah ini salah satunya pulau sawi ini yang memiliki luas sekitar 500ha. Daratan di pulau ini relatif berketinggian rendah, otomatis pulau pulau di daerah ketapang ini memiliki pantai yang landai.

Pulau pulau ini memiliki potensi pariwisata yang amat besar dengan mengandalkan pemandangan yang masih sangat alami dan kekayaan sumber daya laut yang luar biasa banyak. Pulau sawi memiliki kurang lebih 20kk masyarakat di pulau sawi ini umumnya bekerja sebagai nelayan atau buruh nelayan, terkadang juga bekerja sebagai pencari mutiara.








Keistimewaan pulau sawi ini ialah hamparan pasir putih bersih yang indah, biota laut yang banyak, kebudayaan masyarakat sekitar, dan nyiur yang berjajar sepanjang garis pantai. Air laut yang jernih membuat kita dapat melihat kehidupan hewan dan tumbuhan dengan mata telanjang di dasar laut, oleh karena itulah pulau sawi ini mendapatkan julukan pulau bidadari.

Biota laut di pulau sawi adalah rumput laut, udang kipas, belangkas, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, mutiara, dan beberapa jenis ikan. selain agan2 bisa menikmati pemandangan yang indah, disini agan2 juga bisa melakukan beberapa aktifitas diantaranya berkemah, memancing, menyelam, berenang hingga menjelajahi pulau sawi ini.

Akses menuju pulau sawi ini tidak terlalu sulit, teman2 harus telebih dahulu ke sungai tengar yang terletak kira2 70km di sebelah utara ketapang, setelah sampai di sungai tengar teman2 melanjutkan perjalanan ke pulau sawi dengan menggunakan kapal boat selama 1 jam. perjalanan ke sungai tengar ini dapat di tembuh menggunakan sepeda motor, mobil ataupun bus dengan memakan waktu selama 2 jam.

Untuk menginap di pulau sawi ini teman2 bisa berkemah ataupun menyewa homestay yang telah di bangun oleh pemerintah setempat, selain itu pemerintah juga telah membangun dermaga untuk memudahkan wisatawan yang mau berkunjung ke pulau ini. bagi wisatawan yang ingin mengelilingi pulau ini wisatawan dapat menyewa kapal2 nelayang yang terdapat di pantai2.


Sumber
Anda sedang membaca artikel tentang Wisata Pulau Sawi di Kalimantan Barat dan anda bisa menemukan artikel Wisata Pulau Sawi di Kalimantan Barat ini dengan url http://4loveandlife.blogspot.com/2012/06/wisata-pulau-sawi-di-kalimantan-barat.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Wisata Pulau Sawi di Kalimantan Barat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Wisata Pulau Sawi di Kalimantan Barat sumbernya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...