Tujuh Teknik Hentikan Stress

Bookmark and Share

Seberapa tebal gumpalan awan gelap diatas kepala sobat? Gaya hidup, konfilik personal, hingga tuntutan kebutuhan menjadi sumber masalah yang membuat stress. Stress yang kronis akan berujung pada depresi jika emosi ini tidak ditangani dengan tepat.
Terapi dan obat-obatan menjadi metode penyembuhan paling digemari namun memodifikasi gaya hidup juga membantu mengatasi stress dan depresi . Berikut langkah - langkah mengatasi emosi agar tidak berujung pada depreresi berkepanjangan Perlahan tapi pasti Lakukan perubahan kecil, namun bertahap dan berkelanjutan,untuk mengatasi masalah tentu saja ada tujuan yang ingin anda capai. Menyelesaikan masalah satu per satu menyadari emosi Sobat , dan berusaha mengatasinya

1. Istrahat cukup, olahraga, dan makan sehat

Koneksi pikiran dan tubuh sangat kuat, melebihi dari yang bisa Sobat bayangkan. Karenanya beri hak tubuh Sobat untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga satmina dan menjaga asupan nutrisi yang baik sesuai kebutuhan tubuh Sobat. Jika Sobat memperlakukan tubuh dengan tepat, akan ada perubahan positif pada mental anda.

2. Ekspresikan emosi

Utarakan emosi Sobat , saat Sobat merasa tertekan, kelelahan secara emosi, sedih , tak ada harapan , merasa bersalah, malu dan depresi. Penting bagi Sobat untuk menerima semua emosi ini saat mereka datang. Lalu cobalah berbagi cerita dan perasaan kepada teman, kekasih , atau orang terdekat kepercayaan Sobat. Jika Sobat tidak memiliki tempat curhat, usahakan menulis perasaan Sobat melalui buku harian atau blog.

3. Pilih kegiatan positif atau berteman dengan energi positif

Melakukan kegiatan positif Memberikan pengalaman berbeda dari kondisi mental Sobat. Meskipun seringkali situasi penuh tekanan tidak bisa dihindari, namun bergaul bersama teman dengan energi positif bisa membantu Sobat mengatasi emosi. Setidaknya sobat bisa menikamti waktu bersosialisasi untuk mengalihkan stress dan depresi sementara waktu.

4. Tinggalkan rutinitas

Meskipun Sobat harus menjalani beberapa rutinitas yang wajib hukumnya, untuk sementara waktu tinggalkan dulu aktivitas yang tidak terlalu penting. Atau kegiatan yang sebenarnya membosankan atau sama sekali tdak menyenangkan untuk Sobat. Kembalilah kepada rutinitas Sobat saat persaaan sudah mulai membaik.

5. Membaca buku

Mulailah hunting buku bacaan yang berisi strategi atau motivasi mengenai mengatasi emosi, stress, dan depresi. Penjabaran dari pakar atau orang yang berpengalaman sama, bisa membantu Sobat mencari referensi tepat untuk diri sendiri

6. Minta bantuan

Cobalah terbuka kepada orang terdekat Sobat. Meminta bantuan kepada keluarga atau teman bisa mengurangi beban, dan membuat sobat lebih mudah mengatasi emosi negatif dalam diri

7. Terapi

Untuk memilih terapi dan konseling untuk mengatasi masalah perlu melihat kebutuhan Sobat lebih dulu . Terapi perilaku kognitif tepat bagi Sobat yang membutuhkan konseling dalam menentukan tujuan dan mengubah perilaku. Sedangkan psikoterapi membantu Anda menganalisa pola perilaku dan membongkar akar masalah dari emosi negatif


Sumber : Plus Eighteen Zone
Anda sedang membaca artikel tentang Tujuh Teknik Hentikan Stress dan anda bisa menemukan artikel Tujuh Teknik Hentikan Stress ini dengan url http://4loveandlife.blogspot.com/2011/08/tujuh-teknik-hentikan-stress.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tujuh Teknik Hentikan Stress ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tujuh Teknik Hentikan Stress sumbernya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...